Pembubaran Uni Soviet Menimbulkan Kontroversi

Pembubaran Uni Soviet Menimbulkan Kontroversi – Pada bulan Februari 2008 Rusia secara sepihak menarik diri dari perjanjian antar pemerintah Ukraina-Rusia tentang SPRN yang ditandatangani pada tahun 1997.

Selama Perang Rusia-Georgia, hubungan antara Ukraina dan Rusia memburuk, karena dukungan Ukraina dan penjualan senjata ke Georgia, serta, peraturan baru Ukraina untuk Armada Laut Hitam Rusia, yang mengirim kapal dan marinir ke perang, seperti sebagai tuntutan agar Rusia mendapatkan izin terlebih dahulu saat melintasi perbatasan Ukraina, yang ditolak Rusia untuk dipatuhi. Ketidaksepakatan lebih lanjut mengenai posisi di Georgia dan hubungan dengan Rusia termasuk di antara isu-isu yang meruntuhkan koalisi Kami Ukraina-Blok Bela Diri + Blok Yulia Tymoshenko di parlemen Ukraina selama September 2008 (pada 16 Desember 2008 koalisi bergabung kembali dengan mitra koalisi baru, Blok Lytvyn). Ini menyalakan kembali kontroversi atas kehadiran militer Rusia di Krimea,

Liter.net – Pada 2 Oktober 2008, Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin menuduh Ukraina memasok senjata ke Georgia selama Perang Ossetia Selatan. Putin juga mengklaim bahwa Moskow memiliki bukti yang membuktikan bahwa para ahli militer Ukraina hadir di zona konflik selama perang. Ukraina telah membantah tuduhan itu. Kepala perusahaan ekspor senjata negaranya, Ukrspetsexport, mengatakan tidak ada senjata yang dijual selama perang, dan Menteri Pertahanan Yuriy Yekhanurov membantah bahwa personel militer Ukraina bertempur di pihak Georgia.[64] Jaksa Agung Ukraina Oleksandr Medvedko mengkonfirmasi pada 25 September 2009 bahwa tidak ada personel Angkatan Bersenjata Ukraina yang berpartisipasi dalam Perang Ossetia Selatan 2008, tidak ada senjata atau peralatan militer Angkatan Bersenjata Ukraina yang hadir dalam konflik tersebut, dan tidak ada bantuan yang diberikan ke sisi Georgia. Juga dalam deklarasi tersebut para pejabat Ukraina menginformasikan bahwa transfer internasional peralatan spesialisasi militer antara Ukraina dan Georgia selama 2006–2008 dilakukan sesuai dengan kontrak yang telah ditetapkan sebelumnya, hukum Ukraina, dan perjanjian internasional.

Baca Juga : Hubungan Antara Federasi Rusia dan Ukraina

AS mendukung tawaran Ukraina untuk bergabung dengan NATO yang diluncurkan pada Januari 2008 sebagai upaya untuk mendapatkan Rencana Aksi Keanggotaan NATO. Rusia sangat menentang prospek Ukraina dan Georgia menjadi anggota NATO. Menurut dugaan transkrip pidato Putin pada KTT Dewan NATO-Rusia 2008 di Bucharest, Putin berbicara tentang tanggung jawab Rusia atas penduduk etnis Rusia di Ukraina dan mendesak mitra NATO-nya untuk bertindak dengan bijaksana; menurut beberapa laporan media, dia kemudian juga secara pribadi mengisyaratkan kepada mitranya dari AS tentang kemungkinan Ukraina kehilangan integritasnya dalam hal aksesi NATO. Menurut sebuah dokumen di kabel diplomatik Amerika Serikat yang bocor, Putin “secara implisit menantang integritas teritorial Ukraina, menunjukkan bahwa Ukraina adalah ciptaan buatan yang dijahit bersama dari wilayah Polandia, Republik Ceko, Rumania, dan terutama Rusia setelah Perang Dunia Kedua. Perang Dunia.

Selama perselisihan Januari 2009 atas harga gas alam, ekspor gas alam Rusia melalui Ukraina ditutup. Hubungan semakin memburuk ketika Perdana Menteri Rusia Putin selama perselisihan ini mengatakan bahwa “kepemimpinan politik Ukraina menunjukkan ketidakmampuannya untuk memecahkan masalah ekonomi, dan […] situasi menyoroti kriminalisasi yang tinggi dari otoritas [Ukraina]” dan ketika pada Februari 2009 (setelah konflik) Presiden Ukraina Yuschenko dan Kementerian Luar Negeri Ukraina menganggap pernyataan Presiden Rusia Dmitry Medvedev bahwa Ukraina harus mengkompensasi kerugian krisis gas ke negara-negara Eropa sebagai “pernyataan emosional yang tidak bersahabat dan memusuhi Ukraina dan negara-negara anggota Uni Eropa”. Selama konflik, media Rusia hampir secara seragam menggambarkan Ukraina sebagai negara agresif dan rakus yang ingin bersekutu dengan musuh Rusia dan mengeksploitasi gas Rusia yang murah.

Setelah “rencana induk” untuk memodernisasi infrastruktur gas alam Ukraina antara Uni Eropa dan Ukraina diumumkan (pada 23 Maret 2009) Menteri Energi Rusia Sergei Shmatko mengatakan pada konferensi investasi di mana rencana itu diumumkan bahwa tampaknya menarik Ukraina secara hukum lebih dekat ke Uni Eropa dan mungkin merugikan kepentingan Moskow. Menurut Putin “membicarakan masalah seperti itu tanpa pemasok dasar sama sekali tidak serius”.

Dalam kabel diplomatik AS yang bocor (seperti yang diungkapkan oleh WikiLeaks) mengenai krisis gas Rusia-Ukraina Januari 2009, Duta Besar AS untuk Ukraina William Taylor mengutip Duta Besar Ukraina untuk Rusia Kostyantyn Hryshchenko yang mengungkapkan pendapatnya bahwa para pemimpin Kremlin ingin melihat sepenuhnya orang yang patuh yang bertanggung jawab di Kyiv (sebuah kabupaten di Ukraina) dan bahwa Putin “membenci” Presiden Yuschenko saat itu dan memiliki penghargaan pribadi yang rendah terhadap Yanukovych, tetapi melihat Perdana Menteri Tymoshenko saat itu sebagai seseorang yang mungkin tidak dapat dia percayai, namun dengan siapa dia bisa berurusan.

Pada 11 Agustus 2009, Presiden Rusia Dmitry Medvedev memposting videoblog di situs Kremlin.ru, dan blog resmi Kremlin LiveJournal, di mana ia mengkritik Yuschenko atas apa yang diklaim Medvedev sebagai tanggung jawab presiden Ukraina dalam memburuknya hubungan Rusia-Ukraina dan ” posisi anti-Rusia dari otoritas Ukraina saat ini”. Medvedev lebih lanjut mengumumkan bahwa dia tidak akan mengirim duta besar baru ke Ukraina sampai ada peningkatan dalam hubungan. Sebagai tanggapan, Yuschenko menulis surat yang menyatakan bahwa dia tidak setuju bahwa hubungan Ukraina-Rusia telah mengalami masalah dan bertanya-tanya mengapa presiden Rusia sepenuhnya mengesampingkan tanggung jawab Rusia untuk ini. Analis mengatakan pesan Medvedev itu waktunya untuk mempengaruhi kampanye pemilihan presiden Ukraina 2010. Juru bicara Departemen Luar Negeri AS, mengomentari pesan Medvedev kepada timpalannya dari Ukraina Yuschenko, mengatakan, antara lain: “Penting bagi Ukraina dan Rusia untuk memiliki hubungan yang konstruktif. nada itu. Tetapi ke depan, Ukraina memiliki hak untuk membuat pilihannya sendiri, dan kami merasa bahwa ia memiliki hak untuk bergabung dengan NATO jika ia mau.”

Pada tanggal 7 Oktober 2009, Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov mengatakan pemerintah Rusia ingin melihat ekonomi menang dalam hubungan Rusia-Ukraina dan bahwa hubungan antara kedua negara akan membaik jika kedua negara membentuk usaha patungan, terutama dalam usaha kecil dan menengah. . Pada pertemuan yang sama di Kharkiv, Lavrov mengatakan pemerintah Rusia tidak akan menanggapi proposal Ukraina untuk mengatur pertemuan antara presiden Rusia dan Ukraina, tetapi “Kontak antara kementerian luar negeri kedua negara dipertahankan secara permanen.”

Pada 2 Desember 2009, Menteri Luar Negeri Ukraina Petro Poroshenko dan Lavrov sepakat untuk secara bertahap meninggalkan kompilasi daftar individu yang dilarang memasuki negara mereka.

Kepresidenan Viktor Yanukovych

Menurut Taras Kuzio, Viktor Yanukovych adalah presiden yang paling pro-Rusia dan neo-Soviet yang pernah terpilih di Ukraina. Sejak pemilihannya, ia memenuhi semua tuntutan yang diajukan oleh Presiden Rusia Dmitri Medvedev dalam suratnya yang ditulis kepada mantan Presiden Viktor Yuschenko pada Agustus 2009.

Pada tanggal 22 April 2010 Presiden Viktor Yanukovych dan Dmitry Medvedev menandatangani perjanjian mengenai penyewaan pangkalan Angkatan Laut Rusia di Sevastopol dalam 25 tahun ke depan untuk diskon gas alam dalam pengiriman yang berjumlah $100 per setiap 1.000 meter kubik. Perjanjian perpanjangan sewa sangat kontroversial di dalam dan di luar Ukraina.

Pada 17 Mei 2010, Presiden Dmitry Medvedev tiba di Kyiv dalam kunjungan dua hari. Selama kunjungan Medvedev berharap untuk menandatangani perjanjian kerja sama dalam “masalah antar-regional dan internasional”, menurut RIA Novosti. Itu juga disebutkan dalam penyelidikan resmi di Verkhovna Rada oleh Wakil Perdana Menteri Pertama Andriy Klyuyev. Menurut beberapa kantor berita, tujuan utama kunjungan tersebut adalah untuk menyelesaikan perselisihan dalam hubungan energi Rusia-Ukraina setelah Viktor Yanukovych menyetujui penggabungan sebagian Gazprom dan Naftogaz. Selain penggabungan perusahaan-perusahaan gas negara, juga ada pembicaraan tentang penggabungan sektor energi nuklir.

Baik Presiden Rusia Dmitry Medvedev (April 2010) dan Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin (Juni 2010) telah menyatakan bahwa mereka melihat peningkatan besar dalam hubungan sejak kepresidenan Viktor Yanukovych.

Pada 14 Mei 2013, seorang veteran tak dikenal dari dinas intelijen tak dikenal Sergei Razumovsky, pemimpin Asosiasi Perwira Tunawisma Seluruh Ukraina, yang tinggal di Ukraina di bawah bendera Ukraina menyerukan pembentukan brigade sukarelawan internasional Ukraina-Rusia untuk mendukung Bashar al- Pemerintah Assad di Suriah untuk memerangi pemberontak. Salah satu alasan mengapa Rozumovsky ingin membuat brigade seperti itu adalah kenyataan bahwa pemerintah Ukraina tidak mendukung korps perwiranya. Karena itu Rozumovsky memiliki niat untuk mengajukan kewarganegaraan Suriah. Beberapa sumber mengklaim bahwa dia adalah provokator Kremlin.

Empat nelayan tewas sementara satu orang ditahan oleh pihak berwenang Rusia atas tuduhan perburuan liar. Menurut nelayan yang masih hidup, perahu mereka ditabrak oleh Rusia dan para nelayan juga ditembaki, sementara badan penegak hukum Rusia mengklaim bahwa para pemburu liar yang mencoba menabrak kapal patroli. Menteri Kehakiman Ukraina Olena Lukash mengakui bahwa Rusia tidak memiliki yurisdiksi untuk mengadili warga negara Ukraina yang ditahan. Menurut istri nelayan yang masih hidup, Konsul Ukraina di Rusia sangat pasif dalam memberikan dukungan dalam hal ini. Nelayan yang selamat itu diharapkan akan dibebaskan ke Ukraina sebelum 12 Agustus 2013, namun, Kantor Kejaksaan Rusia memilih untuk menahan orang Ukraina itu di Rusia. Insiden lain terjadi di perbatasan antara wilayah Belgorod dan Luhansk ketika seorang pengemudi traktor Rusia yang tampaknya mabuk memutuskan untuk menyeberangi perbatasan ke Ukraina bersama dua temannya pada 28 Agustus 2013. Berbeda dengan insiden Azov yang terjadi sebulan sebelumnya pada 17 Juli 2013 , Layanan Perbatasan Negara Ukraina menyerahkan warga Rusia kembali ke otoritas Rusia. Traktor Belarusia dibawa pergi dan diserahkan kepada Kementerian Pendapatan dan Tugas

January 2022
M T W T F S S
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Recent Post

Facebooktwitterlinkedinyoutubeinstagram

agen judi bola , sportbook, casino, togel, number game, singapore, tangkas, basket, slot, poker, dominoqq, agen bola. Semua permainan bisa dimainkan hanya dengan 1 ID. minimal deposit 50.000 ,- bonus cashback hingga 10% , diskon togel hingga 66% bisa bermain di android dan IOS kapanpun dan dimana pun. poker , bandarq , aduq, domino qq , bandarqq online terpercaya. Semua permainan bisa dimainkan hanya dengan 1 ID. minimal deposit 10.000 ,- bonus turnover 0.5% dan bonus referral 20%. Bonus - bonus yang dihadirkan bisa terbilang cukup tinggi dan memuaskan, anda hanya perlu memasang pada situs yang memberikan bursa pasaran terbaik yaitu Bola168. Situs penyedia segala jenis permainan poker online kini semakin banyak ditemukan di Internet, salah satunya TahunQQ merupakan situs Agen Judi Domino66 Dan BandarQ Terpercaya yang mampu memberikan banyak provit bagi bettornya. Permainan Yang Di Sediakan Dewi365 Juga sangat banyak Dan menarik dan Peluang untuk memenangkan Taruhan Judi online ini juga sangat mudah . Mainkan Segera Taruhan Sportbook anda bersama Agen Judi Bola Bersama Dewi365 Kemenangan Anda Berapa pun akan Terbayarkan. Tersedia 9 macam permainan seru yang bisa kamu mainkan hanya di dalam 1 ID saja. Permainan seru yang tersedia seperti Poker, Domino QQ Dan juga BandarQ Online. DEWI365 adalah Bandar Judi Bola Terpercaya & resmi dan terpercaya di indonesia. Situs judi bola ini menyediakan fasilitas bagi anda untuk dapat bermain memainkan permainan judi bola. Didalam situs ini memiliki berbagai permainan taruhan bola terlengkap seperti Sbobet, yang membuat DEWI365 menjadi situs judi bola terbaik dan terpercaya di Indonesia. Tentunya sebagai situs yang bertugas sebagai Bandar Poker Online pastinya akan berusaha untuk menjaga semua informasi dan keamanan yang terdapat di POKERQQ13. DEWI365 adalah Bandar Judi Bola Terpercaya & resmi dan terpercaya di indonesia. Situs judi bola ini menyediakan fasilitas bagi anda untuk dapat bermain memainkan permainan judi bola. Kotakqq adalah situs Judi Poker Online Terpercayayang menyediakan 9 jenis permainan sakong online, dominoqq, domino99, bandarq, bandar ceme, aduq, poker online, bandar poker, balak66, perang baccarat, dan capsa susun. Dengan minimal deposit withdraw 15.000 Anda sudah bisa memainkan semua permaina pkv games di situs kami. Jackpot besar,Win rate tinggi, Fair play, PKV Games. BandarQ Online Situs BandarQQ, BandarQ Terpercaya, Mainkan QQ Uang Asli Dengan Server Pkv Games & Mainkan SitusQQ Online Melalui Deposit Pulsa.